MANFAAT AIR SUSU IBU (ASI)

ASI DAPAT MENCEGAH KANKER BAGI IBU DAN BAYI

Sumber gambar:http://beautynesia.id/12523

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) adalah pemenuhan hak bagi ibu dan anak. ASI merupakan makanan bayi terbaik ciptaan Allah SWT yang tidak dapat tergantikan dengan makanan dan minuman yang lain. Sebagaimana firman Allah mengatakan “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.” (Al-Baqarah: 233).

 Di zaman serba modern ini kewajiban kita memberikan ASI ini masih kurang karna berbagai macam alasan seperti sibuk bekerja dan bisa mengakibatkan perubahan dibagian tubuh tertentu. Apa lagi sekarang banyak tersedianya dengan susu formula.Tapi taukah kamu begitu banyak manfaat ASI dalam kesehatan baik untuk bayi ataupun ibu yang bisa jadi pilihan untuk ibu yang tidak akan menyusui, selain itu sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan  ASI bisa mengobati kanker yang merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia.

  • Manfaat ASI untuk Bayi

 

  1. Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat.
  2. Asam lemak yang terdapat pada ASI memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi
  3. ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi sehingga berat badan menjadi ideal
  4. Tulang bayi lebih kuat.
  5. Perkembangan rahang bayi yang baik dan mendorong pertumbuhan gigi lurus dan sehat.
  6. ASI mudah dicerna ketika pencernaannya belum begitu sempurna (dibawah usia 6 bulan).
  7. Menghemat pengeluaran bulanan

 

  • Manfaat ASI untuk Ibu

 

  1. Hubungan ibu dan anak akan lebih kuat
  2. Menyusui dapat membakar kalori
  3. KB alami.
  4. Menyusui merangsang produksi hormon oksitoksin menjadikan tubuh lebih rileks dan dapat mengurangi perdarahan rahim usai persalinan sekaligus mengembalikan bentuk rahim seperti sebelum hamil.
  5. Menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen yang dapat menurunkan resiko kanker
  6. Payudara pada ibu yang tidak menyusui bisa menyebabkan peradangan yang berlangsung sangat progresif yang berkaitan dengan kanker payudara

 

Selama menyusui, Anda disarankan untuk menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. mari kita tingkatkan pentingnya pemberian asi mulai dari 0 hari sampai 6 bulan bahkan 2 tahun lamanya. Bayi sehat ibu pun sehat dan terhindar dari penyakit

 

 

Artikel

Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura | Jl. Tipar Cakung No.5 Sukapura, Jakarta Utara (14140)