Sejarah Rumah Sakit Islam Sukapura

Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura adalah salah satu rumah sakit amal usaha Muhammadiyah dibawah kendali pimpinan pusat Muhammadiyah. Gagasan pembangunan rumah sakit ini, didasari oleh keinginan para pendiri Rumah Sakit Islam waktu itu, agar umat Islam di Negara kita yang tercinta ini, memiliki rumah sakit yang bernafaskan Islam. dr. H. Kusnadi yang merupakan seorang tokoh Muhammadiyah, tergugah dan mulai berupaya mewujudkan rumah sakit tersebut yang penyelenggaraan dan pelayanannya bercirikan Islami.

Dalam tempo yang singkat, dr. H. Kusnadi mampu meyakinkan pihak-pihak terkait terutama para tokoh Muhammadiyah untuk ikut mendukung rencana mulia ini. Sesuai dengan tujuan dan misi Muhammadiyah, maka pimpinan Muhammadiyah sepakat mendirikan sebuah rumah sakit yang bernafaskan Islam yang berlokasi di jalan Cempaka Putih Tengan Jakarta Pusat.

Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap rumah sakit di wilayah DKI Jakarta maka persyarikatan muhammadiyah mengembangkan amal usahanya. Atas prakarsa dr. H. M. Subki Abdul Kadir yang saat itu menjabat Direktur utama Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, mendirikan sebuah rumah sakit diatas tanah seluas 16.808 M2 yang terletak di Jalan Tipar Cakung No.5 Sukapura Jakarta Utara yang sekarang dikenal Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura. Rumah sakit ini adalah rumah sakit ke 4 milik Muhammadiyah di Jakarta yang dibangun atas bantuan berbagai pihak, terutama dari BAZIS DKI. Rumah sakit ini diresmikan pada tanggal 4 Mei 1992 oleh mentri Agama RI saat itu yakni Prof. Dr.Munawir Sadjali, MA. Unit-unit pelayanan yang ada masih terbatas yakni rawat jalan, Unit Gawat Darurat, Apotek, Laboratorium dan Rawat Inap dengan kapasitas 26 tempat tidur.

Sampai saat ini, rumah sakit ini tetap berbenah diri menuju perkembangan dan kemajuaan dengan melakukan pembenahan disegala bidang. Sarana dan fasilitas pelayanan tetap dikembangkan yang selaras dengan perkembangan IPTEK kedokteran, SDM rumah sakit dipacu agar memiliki kompetensi dan etos kerja yang unggul. Mutu pelayanan ditingkatkan dalam aktivitas Total Quality Management (TQM) dan Continous Improvement yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Menginplementasikan ilmu kedokteran terkini yang di dukung oleh aktivitas Medical Continous Education dan Good Clinical Governance. Dan berupaya  mewujudkan suasana kehidupan di rumah sakit yang Rahmatan Lil Alamin.

Rumah Sakit Islam jakarta Sukapura telah memiliki beragam fasilitas pelayanan dan kesisteman penyelenggaraan yang memadai diantaranya adalah :

1. Telah memiliki seluruh klinik spesialis rawat jalan.

2. Memiliki 155 tempat tidur dimana 4 tempat tidur VIP, 12 tempat tidur kelas 1, 52 tempat tidur kelas 2, 70 tempat tidur kelas 3, 5 tempat tidur Isolasi, 12 tempat tidur perawatan khusus dan 10 tempat tidur Hemodialisa. Memiliki unit-unit pelayanan 24 jam yakni Instalasi Gawat Darurat, Kamar Bedah, Farmasi, Radiologi, Laboratorium, pelayanan jenazah dan Ambulans.

3. Telah memiliki kurang lebih 90 dokter spesialis.

4. Telah memiliki klinik spesialis rawat jalan.

5. Memiliki unit - unit pelayanan 24 jam yakni Unit Gawat Darurat, Kamar Bedah, Farmasi, Radiologi, Laboratorium, Pelayanan Jenazah (Nafsul Muthmainnah), Ambulance dan Kamar Bersalin.

6. Menyelenggarakan konsep Cutomer Service " Melayani Dengan Hati " yang merupakan kegiatan Customer Service yang mengaplikasikan suara - suara hati nan fitrah (Islamic Approach For Hospital Customer Service).

7. Memiliki program - program pelayanan peduli masyarakat, dan peduli terhadap kecerdasan umat dibidang kesehatan. 

Demikianlah lika liku dan perjuangan yang keras RS. Islam Jakarta Sukapura, agar tetap eksis dan berkembang di era globalisasi yang penuh tantangan ini. Kedepan terkuak harapan, rumah sakit akan mampu bersaing untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan profesional , sehingga menjadi rumah sakir pilihan masyarakat.

Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura | Jl. Tipar Cakung No.5 Sukapura, Jakarta Utara (14140)