Anda berada disini:Beranda»Berita»Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-58 RS Islam Jakarta Sukapura

Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-58 RS Islam Jakarta Sukapura

23.11.2022
Ana Mukhlisoh, Am.Keb,SKM (PKRS)
231

Hari Kesehatan Nasional ke-58 mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” menunjukkan bahwa bangkitnya semangat dan optimisme kita sebagai bangsa Indonesia untuk hidup sehat dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) dan CERDIK (Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik/Olahraga, Diet Sehat dan Seimbang, Istirahat Cukup, Kelola Stres). Adapun tema HKN RS Islam Jakarta Sukapura tahun ini adalah “Fikir Sehat, Senam Sehat dan Makan Sehat”.

Tema ini diambil berdasarkan rangkaian kegiatan HKN di RS Islam sejak 6 November 2022 dalam acara lomba mading antar ruangan, pemenang lomba mading diumumkan di acara Gebyar HKN pada tanggal 11 November 2022, adapun acara pada Gebyar HKN adalah Senam bersama dan Talk Show terkait “Hidup Sehat dengan Diabetes Mellitus” pembicaranya adalah dr. Budi Yuwono Sp.Pd dan Ahli Gizi Gusmiwanti, S.Gz.

Lomba mading kesehatan diikuti oleh 9 ruangan di RS Islam Jakarta Sukapura diantaranya Ruang Pendaftaran (RMK), Rehab Medik, Al-Adawiyah, Al-Farisi, Al-Ghifari, Abu Dzar Atas, Abu Dzah Bawah, Laboratorium dan Al-Farobi, dengan adanya lomba mading diharapkan menumbuhkan rasa kreatif dan kepedulian karyawan terkait kesehatan.

Selain itu pasien, keluarga pasien, SDM RS dan pengunjung dapat lebih mudah mendapatkan edukasi kesehatan. Adapun pemenang lomba mading Juara satu adalah ruang Al-Adawiyah kebidanan, yang kedua ruang perawatan Al-Ghifari dan juara ketiga ruang laboratorium.

 

Pemenang Lomba Mading Antar Unit

 

 

Mading ruang Adawiyah

 

Mading ruang Al-Ghifari

 

Mading ruang Laboratorium

 

Gebyar HKN dibuka dengan sambutan oleh Direktur Utama, dr. Tresia Mahaputeri NM, MARS, MPM dan dilanjutkan senam bersama jajaran manajer, karyawan, pengunjung dan kader kesehatan sekitar RS yang dihadiri sekitar 150 orang. Acara gebyar tambah meriah dengan adanya mini bazar dan pembagian doorprize.

 Peserta Senam Bersama

 

Setelah acara senam, pasien, pengunjung dan kader kesehatan juga bisa mengikuti acara cek pemeriksaan kesehatan gratis (tensi dan pengecekan gula darah) serta talkshow kesehatan tentang diabetes mellitus bersama pakarnya yaitu Bu Gusmi dari bagian gizi dan dr. Budi spesialis penyakit dalam. dr. Budi menjelaskan tentang kriteria DM, Diagnosis, Faktor Resiko, Gejala, Komplikasi dan Pengobatan. Bu Gusmi menjelaskan tentang pola makan pasien diabetes harus berfokus pada 3J (Tepat Jumlah, Jenis dan Jadwal) serta terkontrol untuk pengecekan gula darah.

 

Pengecekan gula darah

Narasumber Talkshow : Gusmiwanti, S.Gz. (Ahli Gizi) dan dr. Budi Yuwono Sp.Pd (Dokter Spesialis Penyakit Dalam)

 

Saat ini penyakit Diabetes Mellitus di RS Islam Jakarta Sukapura menduduki kasus No.1 terbanyak dengan jumlah 2.146 pasien selama bulan Januari-Agustus 2022. Harapan kedepannya PKRS (Promosi Kesehatan RS) dapat menjadi wadah untuk dibentuknya komunitas PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) RS Islam Jakarta Sukapura. Komunitas ini diharapkan dapat menjadi wadah saling support dan silaturahmi antara penderita DM (pasien), keluarga pasien dan karyawan RS.

Peserta Talkshow “Hidup Sehat dengan Diabetes Mellitus”

Kontak

  • Tlp. (021) 4400 778
  • Tlp. (021) 4400 779
  • Fax. (021) 4400 782

Email

  • humasrsijs@yahoo.co.id
  • marketing_rsijs@yahoo.com
  • rsijsukapura@gmail.com

© Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura 2018. By inisial dotcom